Tuesday, June 6, 2017

10 Kiat Sukses Bisnis Online Ala Jonru - Bangunlah Komunitas

Membangun Komunitas


Banya ahli marketing yang mengatakan bahwa penggolongan konsumen berdasarkan segmen (jenis kelamin, usia, kelas sosial, tempat tinggal, pendidikan, dan seterusnya) sudah tidak efektif. Ini memang sudah banyak terbukti di mana-mana.

Sebuah handphone Nokia yang berharga mahal dan diperuntukkan bagi kalangan eksekutif kelas atas, ternyata banyak dibeli oleh anak-anak ABG karena mereka adalah anak pejabat atau pengusaha yang kaya raya. Novel -novel Asma Nadia yang diperuntukkan bagi kalangan remaja, ternyata banyak dibaca oleh anak SD. Fakta ini menunjukan bahwa "teori segmentasi" tidak terlalu akurat.

Kini, banyak produsen yang mengincar komunitas, karena ini adalah pangsa pasar yang jauh lebih efektif. "Komunitas" memiliki definisi yang sangat sederhana: "Sekumpulan orang yang memiliki minat atau kepentingan terhadap sesuatu".

Komunitas adalah lintas usia, lintas jenis kelamin, lintas kelas sosial, lintas geografis, dan lintas-lintas lainnya. Seorang anak SD yang orangtuanya pebisnis kelas kakap dan tinggal kawasan paling elit di Jakarta, bisa bergabung dalam komunitas yang sama dengan seorang kakek pensiunan PNS yang hidup melarat dan tinggal di perkampungan kumuh, hanya karena mereka sama -sama senang sepakbola.

Karena itu, sangat penting untuk membangun komunitas di website Anda. Forum diskusi dan mailing list adalah dua sarana pembangun komunitas yang paling efektif dan paling populer. Bangunlah forum diskusi di website Anda, dan sediakan mailing list bagi para pengunjung. Bila anggotanya sudah banyak dan akrab satu sama lain, agendakan kegiatan-kegiatan off air: Kopi darat, buka puasa bersama, jalan-jalan, dan masih banyak lagi.

Bila komunitas yang solid sudah terbentuk, maka itu adalah target market yang sangat efektif. Bayangkanlah bila Anda mengelola toko online yang berjualan bunga anggrek, dan Anda membangun komunitas pecinta anggrek. Anggota komunitas ini misalnya sudah berjumlah lima ribu orang. Maka bayangkan bila suatu hari Anda menjual buku tentang "kiat menanam dan merawat anggrek". Dapat dipastikan, Insya Allah banyak anggota komunitas ini yang berebutan untuk membelinya.

Selain sebagai target market, komunitas juga bisa menjadi bahan riset yang sangat kaya bagi Anda. Di komunitas seperti milis, banyak orang yang berdiskusi, berdebat tentang banyak hal. Ada topik-topik tertentu yang sering dibahas, ada pula topik yang tak terlalu menarik bagi mereka. Ketahuilah, fakta seperti ini sama berharganya dengan hasil penelitian yang membutuhkan biaya sangat besar.

Buku "Menerbitkan Buku Itu Gampang!" terus terang saya tulis berdasarkan "riset" atau pengamatan di sejumlah milis penulisan. Selama bergaul di milis-milis tersebut, saya tiba-tiba sadar bahwa banyak sekali orang yang bertanya, "Bagaimana sih, cara menerbitkan buku ?"

Fakta ini melahirkan sebuah ide, "Bila saya menulis sebuah buku tentang cara menerbitkan buku, insya Allah peminatnya pasti banyak." Dan dugaan ini ternyata terbukti benar. Hingga hari ini, respons para penulis terhadap buku saya ini sangat luar biasa.

Onno W Purbo pun melakukan hal yang sama. Sebagai penulis spesialis komputer/internet, dia rajin berdiskusi di milis teknologi informasi. Dia mengamati topik apa saja yang paling ramai dibicarakan. Setelah ketemu, dia menulis buku mengenai topik itu. Dan hasilnya, hampir semua bukunya laris manis di pasaran. Selain itu, komunitas juga bisa menjadi sumber ide yang sangat kaya. Saya sering mendapat ide tulisan dari perbincangan anggota milis penulislepas. Banyak sekali diskusi dan obrolan
di milis yang sangat menarik untuk diangkat menjadi tulisan. Nah, ini berkaitan dengan poin 2 di atas. Bila Anda kehabisan ide untuk menulis apa lagi untuk website Anda, cobalah lirik milis-milis yang Anda ikuti. Insya Allah akan banyak ide yang bisa Anda tulis.







Terima Kasih Telah Mengunjungi Website Kami Strategi Promosi Bisnis. Ikuti Update Kami dengan Cara Subscribe Via Email atau Like Fanpage Kami atau melalui Aplikasi Berikut :

Telegram : https://t.me/tutorialbisnisonline atau @tutorialbisnisonline


Baca Artikel Edukasi Disini  :


Baca Artikel Kesehatan disini :


Temukan Berbagai Produk Properti disini :


Download Gratis Ebook Bisnis, Marketing, Properti, dan Lainnya disini

Baca Cerita Lucu, Humor disini :



Artikel Lainnya


loading...



loading...

No comments:

Post a Comment